Blog sederhana tentang saya. Silakan Anda lihat sendiri..

Monday, October 06, 2008

TOP 10 Kebohongan yang biasa ditujukan ke designer naif lugu

dari milis sblah :


1. Tolong bikinkan project kali ini murah (atau gratis) dan saya akan memberikan bayaran lebih untuk project selanjutnya.

Tidak pernah sekalipun profesional business man yang memberikan pekerjaan secara cuma2 atau lebih parahnya memperbudak diri sendiri untuk mendapatkan project dengan bayaran lebih! Kita bisa melihat contoh, apabila kita memanggil tukang pipa ledeng untuk memperbaiki wastafel kita, apa yg dia katakan jika kita berkata "tolong perbaiki wastafel ini secara gratis, jadi kalau saya mau memasang wastafel baru, saya akan memberi bayaran lebih." ANDA AKAN DITERTAWAKAN! Seperti juga halnya kalau klien anda mendapat project yang lebih penting, dia tidak akan memanggil anda kembali, karena melihat kualitas profesionalitas anda sebegitu rendah.



2. Kita tidak akan pernah membayar sampai kita dapat melihat final product.

Hati-hati, ini bisa jadi penipuan. Jika klien anda berkata seperti ini, dia sedang membuka peluang untuk menipu pembayaran anda. Setiap profesi pasti membutuhkan uang jaminan atau uang muka untuk melakukan suatu project, kecuali project yang benar2 terlalu kecil. Sekali anda setuju dengan harga, dan menerima uang muka, dan membuka hubungan kerja dengan klien anda, pastinya anda akan membuat suatu perjanjian kedua untuk membahas project ini ke tahap yang lebih lanjut. Tetapi apabila klien anda tidak memberikan harga sepantasnya dan tanpa uang muka, mereka tidak berhak untuk membuat perjanjian untuk membahas project itu.


3. Kerjakan project ini dengan murah (atau gratis lagi!) dan anda akan mendapat nama yang bagus ! Pekerjaan baru akan selalu datang masuk !

Ini jelas jelas sebuah kebohongan belaka. Coba katakan ini ke tukang ledeng "Pasang ini dengan baik supaya rekan rekanku bisa melihat dan anda akan mendapat banyak orderan." Ini jelas jelas akan membuang waktu berharga anda. Lebih lagi, klien anda sepertinya sudah terbiasa melakukan hal ini dengan berpura2 tahu tentang harga desain yg biasa beredar.


4. Sewaktu memperhatikan konsep dan sketsa, client mengatakan hal seperti ini "hm, kita masih belum yakin untuk memakai jasa anda, tapi tolong tinggalkan pekerjaan anda disini, jadi saya bisa diskusi dengan teman/ boss / istri / anak / dan kawan2 nya"

Saya yakin, 15 menit sesudah anda meninggalkan dia, klien akan menelepon desainer lainnya dengan konsep ditangan sambil menanyakan harga. Ketika anda ditelpon kembali dengan alasan design anda tidak diterima karena harga terlalu tinggi dan designer lain yang akan meneruskan konsep anda dengan harga lebih murah. Anda tertipu dengan memberikan jasa konsultasi gratis, dan lebih buruk lagi, konsep design anda dicuri. Jangan tinggalkan konsep design anda di kantor klien.


5. "Pekerjaan ini tidak dibatalkan, hanya ditunda. Tolong tetap buka project ini dan kita akan melanjutkan dalam 1-2 bulan mendatang"

Hmm. Mungkin tidak. Jika project itu menghadapi kendala, lebih buruk lagi anda kemungkinan sudah mati. Sebuah kesalahan anda jika anda tidak mengirim tagihan bon ke klien anda atas pekerjaan yang sudah anda lakukan. Lebih buruk lagi jika anda hanya melepas tagihan ini. Mungkin dalam 2 bulan mendatang, kemungkinan besar, seseorang telah menggantikan anda.


6. "Surat kontrak? Kita tidak perlu surat kontrak, kan kita sudah berteman baik ?"

Ya memang kita berteman baik sampai suatu hal yang buruk sudah terjadi, atau semisalnya terjadi kesalah pahaman, maka klien anda akan lari dan anda mengutuki diri sendiri, maka dari itu, surat kontrak benar benar penting. Kecuali, jika anda tidak terlalu mementingkan pembayaran. Semua professionalisme memakai surat kontrak untuk membentuk kerja sama.


7. "Kirim bon nya sesudah hasil design nya masuk ke percetakan"

Kenapa menunda sebuah deadline yang tidak pasti untuk mengirim sebuah tagihan? Anda bekerja kan ? Anda jujur kan ? Mengapa terbelenggu hanya karena deadline percetakan? Sekali anda telah mengirim sebuah jasa dan diterima, TAGIH! Karena dari poin ini, bisa jadi sebuah taktik belaka sebelom anda bertanya tentang kapan pembayaran anda, selagi pekerjaan anda turun cetak. Jika klien anda menunggu pekerjaan ini turun cetak, dan anda melakukan berbagai perubahan seperlunya, dia akan tetap mengikuti anda dan tidak berpindah tangan ke designer lain untuk melakukan perubahan.


8. "Orang sebelum anda hanya melakukan sebesar XXX ribu rupiah"

Ini tidak penting. Jika orang sebelum anda melakukan pekerjaannya dengan baik, klien tidak akan berbicara dengan anda bukan? Maka harga yang klien berikan kepada anda hanyalah harga yang tidak ada artinya. Designer yang memberikan harga terlalu kecil juga akan menghancurkan diri mereka sendiri atau berganti pekerjaan dan designer baru akan menggantikan mereka. Pasang harga yang ideal dan tidak bisa ditawar.


9. "Budget kita hanya sebesar XXX ribu rupiah, tidak kurang tidak lebih"

Ini benar2 tidak masuk akal, bagaimana klien bisa mengetahui harga akhir produksi sebelum anda melakukan pengeluaran dan melakukan survey? Pekerjaan membutuhkan pengeluaran. Jika mereka mempunyai uang yang terlalu sedikit untuk pembayaran anda, anda harus memperingati mereka bahwa anda juga bekerja dengan tidak maksimal. Jika mereka masih ngotot anda untuk melakukan banyak pekerjaan, biarkan mereka pergi ke designer lainnya.


10. "Kita mendapat kesulitan keuangan. Beri kita kesempatan untuk bisa kerja, kita mendapatkan uang, dan kita akan membayar anda. Gampang kan ?"

Memang gampang, tetapi jika mereka sudah mendapatkan uang, anda bukanlah orang pertama yang mereka datangi untuk melunasi hutang2 nya. Jika seseorang mengaku bahwa mereka tidak mempunyai cukup uang dan perusahaan dilanda masalah, bisa jadi mereka lebih bermasalah daripada perusahaannya sendiri. Terlebih lagi, apakah anda sebuah bank? Apakah anda berhak mengecek keuangan mereka? Jika mereka mempunyai masalah keuangan, bagaimana anda bisa mengembangkan sayap bisnis anda?

No comments: